Selasa, 12 Oktober 2010

Cara Menghentikan Ngemil

Paling susah banget namanya cara menghentikan ngemil....
mungkin setelah lelah menjalani aktivitas seharian, ngemil makanan selingan pada tengah malam memang nikmat. Namun, anda mungkin akan menyesali kenikmatan itu jika terlanjur menjadi kebiasaan. Sebab, itu bisa membuat anda mengalami problem berat badan. Agar tidak terlilit problem itu, anda perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan kebiasaan ngemil tengah malam serta cara mengatasinya, seperti berikut ini:

1. Penyebab: Diet Tak Seimbang
Ritual ngemil tengah malam seringkali akibat dari diet yang tidak seimbang. Biasanya, orang yang mengikuti suatu diet ketat akan mengurangi asupan kalorinya secara radikal. Dengan begitu, pada malam hari mereka jadi lapar dan memakan makanan apa pun yang ada. Tak peduli makanan itu menyehatkan atau tidak.
Solusi:
Cara tepat mengatasi masalah ini adalah memastikan memperoleh makan siang yang seimbang. Percaya atau tidak, makan siang yang seimbang akan member anda energy yang cukup untuk beraktivitas hingga makan malam. Kemudian, batasi juga makan malam anda. Yakni, hanya dengan sereal dan buah-buahan. Ini akan membuat system pencernaan bekerja sebagaimana mestinya.
2. Penyebab: Gagal Mengelola Stress
Ngemil juga bisa dipicu stress, karena itu ada baiknya gunakan beberapa metode menghilangkan stress seperti mandi air hangat atau yoga sebelum tidur. Aktivitas seperti itu akan membuat tubuh dan system saraf rileks sehingga bisa tidur nyenyak dan terbebas dari keinginan ngemil.
Solusi:
Coba atur jadwal aktivitas yang nyata untuk mengisi sore yang menjemukan. Jika bisa menemukan program latihan fisik yang sesuai selera anda, anda akan memperoleh tidur yang lebih berkualitas tanpa mengalami krisis-krisis lapar. Kopi juga bisa menjadi peningkat stress. Jadi kurangilah asupan kafein untuk membebaskan organism dari kesulitan tambahan.
3. Penyebab: Malas Gosok Gigi
Malas menggosok gigi sebelum tidur membuat anda makan apa saja yang ada dihadapan anda. Hal ini tentu menimbulkan problem berat badan .
Solusi:
Yakinkan pada diri sendiri bahwa menyikat gigi sebelum tidur adalah keharusan. Bukan hanya demi kebersihan dan kesehatan mulut. Sebab, setelah membersihkan gigi dan mulut, anda tidak akan bisa menikmati makanan tertentu dan tidak akan nyaman bagi anda untuk makan apa pun yang memaksa menggosok gigi lagi sehingga anda akan merasa “berdosa” untuk ngemil tengah malam.
4. Penyabab: Asyik Nonton Teve
Keasyikan nonton televise juga bisa menjadi pemicu keinginan ngemil tengah malam. Memperhatikan iklan teve yang mempromosikan makanan lezat dalam kemasan yang menarik bisa mendorong siapa pun untuk ngemil tengah malam. Tidak banyak yang bisa melawan godaan iklan seperti itu.
Solusi:
Trik terbaik adalah menghindari nonton teve sampai larut malam terutama tayangan iklan makanan lezat.
Makin cepat anda tidur makin baik. Kepasifan di depan teve bisa membuat anda merasa lapar jadi jangan biarkan diri anda jadi budak teve.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar